Sabtu, 29 Oktober 2016

Perhitungan Jembatan Komposit

Sedikit saya berbagi buat teman-teman sesama sipil atau teman-teman yang sedang membutuhkan materi tentang jembatan komposit. Semoga bermanfaat.


        1.Pengertian Konstruksi Komposit.
        Konstruksi komposit adalah sebuah konstruksi yang bahan-bahannya merupakan perpaduan dari dua jenis material yang berbeda sifat, yang disatukan sedemikian rupa, sehingga bekerja sama dalam memikul beban. Konstruksi seperti ini ditemukan pada struktur jembatan, yaitu gabungan antara pelat lantai dari bahan beton dan gelagar dari bahan baja. Gabungan kedua elemen struktur ini dapat memikul beban lentur (momen) secara bersama-sama. Dalam bentuk lain adalah struktur tiang/kolom dimana lapis luar tiang/kolom digunakan besihollow dari baja, dan didalamnya diisi dengan material beton. 
         Konstruksi komposit adalah sebuah konstruksi yang bahan-bahannya merupakan perpaduan dari dua jenis material yang berbeda sifat, yang disatukan sedemikian rupa, sehingga bekerja sama dalam memikul beban. Konstruksi seperti ini ditemukan pada struktur jembatan, yaitu gabungan antara pelat lantai dari bahan beton dan gelagar dari bahan baja. Gabungan kedua elemen struktur ini dapat memikul beban lentur (momen) secara bersama-sama. Dalam bentuk lain adalah struktur tiang/kolom dimana lapis luar tiang/kolom digunakan besi hollow dari baja, dan didalamnya diisi dengan material beton.   
         Material baja adalah bahan yang kuat terhadap gaya tarik dan kuat juga terhadap gaya tekan, tetapi gaya tekan yang dapat dipikul sangat erat kaitannya dengan kelangsingan profil. Sebaliknya, beton sangat kuat memikul gaya tekan dan sangat lemah terhadap gaya tarik.
         Pada mulanya balok baja hanya dipakai sebagai penopang pelat lantai, sehingga pada balok baja terjadi lendutan yang besar yang diakibatkan oleh beban yang besar yang harus dipikul balok baja tersebut. Pelat beton dan gelagar baja mengalami deformasi sendiri- sendiri, dengan besar deformasi tergantung dari kekuatan masing-masing bahan (baja dan beton). Pada bahan akan terjadi gelincir karena tidak ada penahan. Penampang yang seperti ini termasuk kategori non komposit, lihat Gambar berikut. 
(Sumber: S.B.II; Struktur Jembatan Komposit; Ir. Tahmrin Nasution)

 



Berikut saya bagikan hitungan jembatan komposit dalam format microsof excel, semoga bisa mempermudah sahabat-sahabat sipil yg membutuhkannya. Jika sahabat-sahabat sipil punya masalah dalam perhitungan sipil baik dalam perhitungan struktur ataupun desain material bisa email ke
civil.komunitas@gmail.com
jika bisa saya bantu-akan saya bantu, Terima Kasih.

http://www.mediafire.com/file/l3y8x8kgsh1ldjs/Perhitungan_Jembatan_Komposit.rar





7 komentar:

  1. Terima kasih sudah mampir di blog saya, paswordnya adalah
    1.1.Civil.Komunitas

    BalasHapus
  2. maaf pak, saya mau ambil file kok ndak bisa ya. minta tolong pak bagaimana caranya


    terimakasih

    BalasHapus
  3. Om..saya mau bikin ramdodor tongkang portable..pada umumnya ukuran lebar nya harus berapa yah..agar pas pemasangan tak terlalu sempit dengan pintu dek tongkang

    BalasHapus
  4. Saya mau bikin rampdor..untuk lebar nya berapa yah supaya tak terlalu sempit ke pintu dek tongkang

    BalasHapus